Bagaimana membantu pasangan bertumbuh menjadi lebih baik?

Bagaimana membantu pasangan bertumbuh menjadi lebih baik?

1. Ada ketika dibutuhkan

Berespon secara sensitif pada kesusahan pasangan, memperbolehkan pasangan untuk bergantung pada kita ketika mereka butuh (misal: saat pasangan menjadi lebih butuh kehadiran kita setelah ia diPHK, maka kita menyediakan waktu kita tanpa menggerutu)

Mengecek mereka (check in) dari waktu ke waktu dan menyediakan kenyamanan ketika ada keadaan yang salah/sulit.

2. Tidak ikut campur

Menyediakan dukungan di balik layar pada setiap usaha pasangan. Bantu pasangan dengan cara yang tetap membuat mereka memiliki inisiatif & memiliki kekuatannya sendiri. 

Mengizinkan mereka untuk melakukan aktivitas mereka tanpa berusaha untuk mengambil alih situasi, mengontrol & mengatur secara berlebihan, atau meruntuhkan kepercayaan diri & kemampuan mereka

3. Mendorong

Mendorong & menerima proses belajar pasangan, menerima tujuan pengembangan diri pasangan dan mendorong penghargaan dirinya. 

Itu adalah 3 perilaku spesifik agar kita dapat menjadi secure base atau 'rumah' untuk pasangan. (menurut studi yang dilakukan oleh Brooke Feeney & Roxanne Thrush dari Carnegie Mellon University, dikutip dari buku Attached - Amir Mevine & Rachel. S. G. Heller)

Sudahkah kita menjadi 'rumah' bagi pasangan kita? Sehingga nantinya kita pun dapat menjadi 'rumah' bagi anak-anak kita. 

Membuat mereka nyaman & bertumbuh dengan kehadiran kita. Sehingga sama-sama kita menjadi individu, pasangan, orang tua dan anak yang berbahagia. 

Posted on 02/23/2021 Home, Rabbit Hole's Article 0 277

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.