Yang dilakukan orang tua sejak si anak masih bayi.

Yang dilakukan orang tua sejak si anak masih bayi.

Apa yang dilakukan orang tua sejak si anak masih bayi, termasuk mengajak bayi berbicara meskipun ia belum mengerti, ternyata sangat berpengaruh ❤

Hari ini kembali diingatkan akan hal tersebut dengan sebuah artikel yang baru saya baca. Tentang penelitian yang menarik dari Hart & Risley. 
Mereka meneliti interaksi antara orang tua dan anak, sejak anak berusia dini. Terbagi menjadi 5 macam interaksi, yaitu : apakah orang tua hanya berbicara, mencoba untuk bersikap baik pada anaknya, membicarakan berbagai benda, memberikan pilihan, atau mendengarkan anak. 
Hasilnya, ditemukan korelasi yang tinggi antara kualitas pembicaraan orang tua ke anak dengan IQ anak. Kemampuan berbicara anak 6 tahun setelahnya pun ternyata juga dipengaruhi oleh kualitas pembicaraan orang tua ke anak ini. Sedangkan faktor lain, seperti kondisi ekonomi tidak begitu berpengaruh (dibanding kualitas percakapan ini). .

Nah jadi walaupun terlihat bayi belum mengerti, tapi sebenarnya menyerap keuntungan-keuntungan positif dari orang tua membacakan buku ke anak lho. 
Itulah mengapa Rabbit Hole membuat buku untuk bayi, seperti #BukuHoaam . Untuk mempermudah orang tua berinteraksi secara berkualitas dan menyenangkan dengan bayi. Yuk bacakan bukunya ❤

Posted on 10/10/2018 Home, Articles Devi Raissa 0 217

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.