Buku Adalah Investasi

Buku Adalah Investasi

Pengalaman saya waktu masih kecil dulu, orangtua saya jarang membelikan saya buku. Saya ingat sekali, pernah ketika kelas 1 SD saya merengek minta dibelikan buku cerita sederhana dengan halamannya yang putih polos tanpa warna. Buku tersebut berkisah tentang hewan-hewan yang tinggal di hutan. Ada cerita tentang buaya, kancil, angsa dan sebagainya. Buku itu selalu saya baca berulang-ulang. Setiap halamannya saya warnai. Setelah semakin besar, saya sering meminjam buku dari kakak saya, yang juga ia pinjam dari perpustakaan sekolahnya. Hingga sejak kelas 4 SD saya mulai belajar menabung untuk membeli buku sendiri. Setiap hari uang saku saya sisihkan.

Waktu itu saya suka sekali membaca komik. Setiap ulangtahun dan ditanya orangtua ingin kado apa, saya selalu mantap menjawab, saya mau komik! Dan hal inipun menjadi rutinitas yang saya nanti-nanti setiap tahun. Orangtua saya membelikan 1 buah komik setiap saya ulangtahun. Harganya sekitar Rp 6.000an waktu itu. Sesederhana itu hadiah yang saya minta, dan sangat membuat bahagia hingga masih terkenang sampai sekarang.

Mungkin masih banyak orangtua yang sayang untuk membelikan buku cerita untuk anak-anaknya. Mereka berpikir, "Masih kecil, belum ngerti apa isinya.." "Nanti aja kalau udah besar, di sekolah kan nanti harus beli buku juga.." dan alasan lainnya.
Ada juga yang sayang membelanjakan uangnya "hanya sekedar" untuk beli buku. Lebih memilih membelikan mainan, entah boneka, robot-robotan, mobil-mobilan atau bahkan gadget mahal. Tak jarang ada anak belum genap setahun dibelikan mobil remote oleh orangtuanya, baru beberapa hari mobil tersebut sudah rusak dibanting olehnya. Jangan salahkan anaknya.. karena mainan tersebut memang belum sesuai dengan perkembangan usianya.

Menurut saya pribadi buku adalah investasi. Buku yang berkualitas bagus akan awet hingga anak besar nanti. Bisa diturunkan pula untuk adik-adiknya, atau bisa juga disumbangkan kepada Yayasan. Bukan berarti boneka, mobil-mobilan dan mainan lainnya tidak bagus ya. Tapi alangkah baiknya jika kita sebagai orangtua lebih bijak dan selektif dalam memberikan mainan yang bisa menstimulasi perkembangan anak sesuai usianya.

Jadi, yuk Ayah Ibu mulai biasakan rutinitas membaca buku bersama anak. Menumbuhkan kecintaan pada buku sejak dini itu perlu

Posted on 02/15/2018 Kiriman Artikel 0 2887

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.