Sederhana Tapi Penuh Makna

Sederhana Tapi Penuh Makna

"cilukkk...??? baaa.. " permainan sederhana favorit anak anak ini juga jadi permainan kesukaan anak saya. Bangun tidur atau di waktu santai pasti kami bermain cilukba. Bahkan, setelah sikat gigi dan berdoa,permainan ini juga jadi 'ritual' sebelum tidur,bermain cilukba sambil bersembunyi dibalik selimut merah kesayangannya. Waktu si kecil masih berumur 4 bulan,kami membeli buku anak berjudul cilukba dari Rabbithole.

Dan di dalam bukunya mengenalkan konsep cinta melalui ungkapan sayang, pelukan dan ciuman dari Ayah Ibu. Hingga saat ini si kecil berumur 1 tahun akhirnya buku cilukba jadi salah satu buku yang setiap hari dibacanya, sehingga bepergian pun juga buku mungil ini jadi barang bawaan yang wajib dibawa. Setelah mencoba membacakan dan mempraktikkannya setiap hari, ternyata ampuh sekali membuat bonding antara saya, suami dan juga si kecil makin kuat. Maka permainan cilukba ini membuat kita selalu ingin main lagi dan lagi. Aira... cilukkkk??? . "baaa " jawabnya sambil tersenyum lebar, setiap waktu, bersama siapapun, di mana saja. Sebenarnya apa sih yang membuat permainan cilukba dalam kesederhanaannya begitu digemari anak-anak? Ternyata, lebih dari sekedar permainan sederhana, cilukba melatih salah satu aspek penting dalam kemampuan kognitif (berpikir dan memahami) anak-anak. Psikolog menyebutnya sebagai konsep "Keberadaan Benda".

Jean Piaget, seorang Psikolog asal Swiss, melakukan eksperimen terhadap bayi dengan menyembunyikan mainan mereka di balik selimut dan menilai reaksi para bayi. Bayi yg telah mengembangkan pemahaman "Keberadaan Benda" akan mencoba menarik selimut karena ia yakin benda itu ada di sana, hanya terhalang sesuatu. Sementara bayi yg belum cukup berkembang untuk memahami konsep ini, hanya akan kebingungan. konsep "Keberadaan Benda" ini merupakan salah satu unsur penilaian atas kemampuan anak dalam menyimpan dan mengolah informasi. Wah ternyata ada manfaat yang besar di balik permainan sederhana ini ya. Jadi, Ayah Bunda yuk terus ber cilukba dengan si kecil selama mereka suka.

Posted on 02/14/2018 Kiriman Artikel 0 1690

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.