Peran Penting Ayah untuk Tumbuh Kembang Anak

Peran Penting Ayah untuk Tumbuh Kembang Anak

Beberapa waktu yang lalu ayah Juan sedang kepo Instagram ibund, tiba-tiba dia bilang, "Bund, @rabbitholeid ada postingan baru nih, mau di-like nggak?". Saya jawab dengan tersenyum, "boleh".
Mungkin menurut orang lain itu hal yang sepele, tapi bagi saya itu bentuk dukungan ayah terhadap suatu hal yang ibund tekuni saat ini. Itu hanya contoh kecil saja, ayah Juan adalah partner terbaik dalam hidup ibund. Apa yang ibund dapat raih sampai titik ini juga sebagian besar berkat dukungan ayah.
Juan juga sayang sekali pada ayahnya, saya bisa merasakan itu. Dari senyum Juan saat menyambut ayahnya pulang kerja, atau polahnya saat di rumah ada kedua orangtuanya. Pernah juga Juan 3 hari tidak mau minum ASI (nursing strike), bukan karena sakit tapi karena rindu sudah 2 minggu tidak bertemu ayahnya yang sedang di luar kota. Memang benar ya kata Dilan kalau rindu itu berat.
Betapa takjub saya saat itu menyaksikan sungguh besar kasih sayang antara ayah dan anak ini. Dulu saya merasa saya adalah orang yang paling mencintai ayah (tentu setelah kedua orangtua ayah), tapi sepertinya cinta Juan untuk ayahnya mungkin lebih besar.
Hal tersebut juga meyakinkan saya betapa penting peran ayah untuk tumbuh kembang seorang anak. Ayah dan ibu sudah seharusnya memberikan perhatian seoptimal mungkin untuk sang anak, bukan berarti karena ibu di rumah dan ayah bekerja, lantas anak lebih dekat dengan ibunya. Tidak harus dengan membelikan ini itu, tapi bentuk perhatian dan kasih sayang yang nyata supaya anak merasa dekat, meluangkan waktu untuk bermain bersama setelah bekerja atau membacakan buku sebelum tidur contohnya. Karena rasa sayang dan cinta anak untuk kedua orangtuanya adalah sama besarnya dan tanpa pilih kasih, artinya anak juga butuh perhatian yang seimbang dari kedua orangtuanya. 

Posted on 02/09/2018 Kiriman Artikel 0 1217

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.