Jadilah Orangtua Cerewet

Jadilah Orangtua Cerewet

Setiap kali lihat gambar pelangi di buku #LiburanTerbaik ini, El langsung menyayikan lagu pelangi. Terus pas bagian lirik lagu yang menyebutkan warna, "merah, kuning, hijau.. di langit yang biru" tangannya sambil buka-buka fitur flap dari gambar pelangi sesuai dengan warna yang disebutkannya.

Menurut Maria Montessori (Hurlock, 1978) anak usia 3-6 tahun adalah anak yang sedang berada dalam periode sensitif atau masa peka, yaitu suatu periode dimana suatu fungsi tertentu perlu dirangsang, diarahkan sehingga tidak terhambat perkembangannya.

Anak-anak usia toddler dan prasekolah memang masa-masanya senang bereksplorasi dengan banyak hal. Mengenal macam-macam benda, bentuk dan warna. Mereka juga senang melakukan berbagai macam aktivitas yang menggunakan motorik halusnya. Sehingga semakin banyak kita berikan aktivitas yang menstimulasi motorik halusnya, maka kemampuan motorik halusnya pun akan terlatih dan berkembang dengan baik. Begitu juga dengan kemampuan koordinasi mata dan tangannya.

Selain kemampuan motorik, anak pada usia ini juga mengalami perkembangan pada kemampuan bicara dan bahasanya. Bila kemampuan berbicara anak tidak dirangsang, maka anak akan mengalami kesulitan berbicara pada masa-masa selanjutnya. Jika di usia 3 tahun anak menyampaikan sesuatu tetapi belum jelas ucapannya, maka anak perlu dimotivasi dan dilatih kemampuan berbicaranya agar dapat menyampaikan apa yang diinginkannya dengan baik dan benar.

Caranya gimana? Jadilah orangtua yang "cerewet" hahaa.. iyaa cerewet. Banyak ngomong. Dalam hal yang positif lho yaa. Banyak menunjuk objek atau benda-benda sambil mendeskripsikannya, seperti; bentuknya, ukurannya, warnanya, suaranya (jika bersuara), rasanya (jika itu makanan), teksturnya (sambil ajak anak untuk merabanya).

Kalau saya bukan orangtua yang cerewet atau banyak bicara, bagaimana dong? Nah, salah satu aktivitas yang dapat dilakukan adalah membaca buku bersama. Dengan media buku, mungkin akan terbantu untuk bisa berkomunikasi dengan anak. Karena semakin banyak anak mendengar kata yang diucapkan dengan jelas, maka akan semakin meningkatkan kemampuan bicaranya. Selamat menjadi orangtua cerewet yaa ayah ibu.  #ArtikelResellerRH

Posted on 02/05/2018 Kiriman Artikel 0 3055

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.