Hubungan anak & orang tuanya semasa kecil..

Hubungan anak & orang tuanya semasa kecil..

akan memengaruhi KEPUASAN PERNIKAHANNYA kelak.

Karena..

 

Ternyata.. anak yang merasa puas

dengan kondisi emosional orangtuanya, serta membentuk secure attachment dengan mereka, ketika sudah dewasa jadi bisa mengelola & memenuhi kebutuhan emosionalnya sendiri, sehingga ia pun dapat menjalin hubungan pernikahan yang memuaskan.

 

Orang dewasa dengan secure attachment percaya diri bahwa pasangan akan mendukungnya karena pengalaman masa lalunya yang mendapat dukungan dari orangtua.

Saat mengalami konflik dengan pasangan, ia mampu berdiskusi tanpa terus mengkritik, sehingga dapat mencapai kesepakatan bersama sebagai solusi dari konflik tersebut.

 

Sedangkan anak yang membentuk anxious-insecure attachment, ketika dewasa masih akan terus merasa takut akan penolakan, sering mengeluh, dan memiliki keterampilan sosial yang buruk dalam menjalani hubungan pernikahan.

Akibatnya, ia pun jadi mengabaikan kebutuhan pasangannya karena terlalu fokus dengan pikiran-pikiran yang membuatnya stres sendiri. Masalah sederhana pun bisa berlarut-larut & menjadi rumit karena ia cenderung defensif.

Oleh karena itu orang dewasa dengan anxious insecure attachment ini sering merasa tidak puas dalam hubungan pernikahan yang dijalaninya.

 

Begitu pula anak yang membentuk insecure-avoidance attachment. Ketika sudah dewasa, ia menolak kedekatan emosional dengan orang lain dan lebih suka sendiri.

Pengalaman masa lalu tersebut terus terbawa hingga dalam menjalani hubungan pernikahan, ia tetap menganggap bahwa kedekatan emosional bukan sesuatu yang penting, dan sulit mempercayai pasangan secara emosional maupun seksual.

Orang dewasa dengan insecure-avoidance ini sering mengkritik & menilai jelek pasangannya, sehingga ia pun sering bersikap tidak bersahabat. Hal-hal tersebutlah yang membuatnya memiliki kepuasan pernikahan yang rendah.

 

Sumber:

Mardani M, Marashi S A, Abbaspour Z. On the Causal Relationship Between Attachment Styles and Marital Satisfaction: Mediating Role of Gottman's Marital Communication Model. Iran J Psychiatry Behav Sci. 2021;15(2)



Posted on 08/01/2022 Home, Rabbit Hole's Article 0 144

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.