Orang tua yang belum siap menjadi orang tua

Orang tua yang belum siap menjadi orang tua:

❌ "Kenapa sih nih anak selalu aja ngerepotin. Nakal"

❌ "Aku udah lelah cari nafkah. Masih disuruh ngurus anak juga? Selalu aku yang mesti ngalah & berkorban."

❌ "Udah cape-cape dilahirin. Masiiih aja nyusahin, gak bisa dibilangin. Mana rasa terima kasihnya atas perjuanganku selama ini. Aku udah berkorban banyak banget tapi gak pernah dihargain".

 

Orang tua yang mau belajar:

✅ "Waaaah.. perilaku anakku akhir-akhir ini menguji kesabaran banget! Apa ya yang sedang ia coba komunikasikan lewat perilakunya itu?"

✅ "Hidup sebagai orang dewasa ya.. memang melelahkan. Jauuuh lebih banyak tanggung jawabnya. Namun kalau sudah bertemu dengan anak & pasangan, bermain & ngobrol sebentar saja dengan mereka, jadi merecharge energiku. Membuatku ingat.. tujuanku melakukan ini semua. Membuat semangatku kembali"

✅ "Punya anak menyenangkan. Walau tantangan pasti ada, tidak dapat dihindari. Namun itu justru membuatku semakin semangat untuk belajar, memutar otak mencari cara mengatasi tantangan "

Posted on 06/20/2022 Home, Rabbit Hole's Article 0 35

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.