Saat sedang membaca bersama anak, ada salah satu hal yang patut untuk dicoba nih

Halo Ayah dan Ibu, 

saat sedang membaca bersama anak, ada salah satu hal yang patut untuk dicoba nih, namanya non-immediate talk. 

 

Non-immediate talk adalah percakapan yang terjadi saat pergantian halaman atau setelah buku selesai dibacakan. Percakapan ini bisa macam-macam bentuknya. Bisa informasi-informasi terkait dengan ilustrasi atau textnya yang berhubungan dengan pengalaman anak (misalnya : dia sama dengan kakak ya, sama-sama suka es krim) atau informasi yang menjelaskan tentang gambar (misalnya : tadi kelincinya nangis karena sedih wortelnya hilang), atau arti dari kata-kata yang sulit (misalnya : geram itu maksudnya marah, dek. Jadi tadi serigalanya lagi marah).

Terlihat ibu yang terbiasa melakukan non-immediate talk ketika membacakan cerita pada anak prasekolah (dibawah 7 tahun) berhubungan dengan meningkatnya kemampuan anak dalam perbendaharaan kata, mengerti cerita, dan mendefinisikan suatu kata. 

 

Hal tersebut karena anak mendapat kesempatan untuk mengerti dan menggunakan kata-kata yang jarang ia dengar, untuk megetahui dan mendiskusikan pemikiran dari tokoh-tokoh yang ada di dalam buku, mengevaluasi cerita di dalam buku, dan anak juga belajar untuk membicarakan perasaan mereka sendiri. 

 

Yuk dicoba non-immediate talk saat membaca cerita bersama si kecil, Ayah dan Ibu. 

 

Informasi hari ini bersumber pada jurnal 'Reading Aloud to Children : The evidence' oleh E. Duursma, M. Augustyn, dan B. Zuckerman'.

Posted on 02/16/2015 Home, Rabbit Hole's Article 0 37

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.